Semua orang tentunya pernah bersalah, pernah melakukan kecerobohan dan
membuat orang lain tersakiti. Kesalahan yang telah dilakukan baik segaja
atau tidak, harus bermuara pada kata "maaf". Terkadang ketika kita
menyakiti orang lain dengan perkataan kita, dengan tingkah laku kita dan
dengan kebiasaan jelek kita. Hal ini terkadang kita tidak menyadarii
kesalahan itu. Tiba-tiba saja seseorang itu lain sikapnya. fenomena ini
banyak saya jumpai, pernah mengalaminya secara langsung. Ada hal menarik
ketika kita di hadapkan kepada sesuatu yang membuat kita tersinggung
atau tidak enak hati kepada seseorang, hal ini disebabkan oleh kurang
tenangnya kita dalam menanggapi situasi. Akan tetapi ada muara yang
sangat negatif perihal penyakit tidak enak hati ini yakni KEBENCIAN. "JIKA KITA SELALU TIDAK ENAK HATI KEPADA SESEORANG,MAKA CEPAT ATAU LAMBAT KITA AKAN MEMBENCINYA..". Lalu bagaimana jika kita merupakan pihak yang membuat orang lain tidak enak hati? apa yang mesti dilakukan?
Ada beberapa tips yang perlu dilakukan ketika kita ingin meminta maaf
diataranya pernah di postingan oleh sahabar saya , Diantara Tips itu
adalah :
1. Jujur saat menghadapi masalah
Artinya biasakan bersikap terbuka pada orang lain. Jangan takut
mengungkapkan permasalahan yang Anda hadapi. Jika ia tahu masalah yang
Anda hadapi dan ternyata Anda berbuat kesalahan, mungkin orang lain akan
bisa memahami dan Anda harus bisa menjelaskan perbuatan/kesalahan Anda
tersebut pada orang itu.
2. Berani mengakui kesalahan
Jangan takut atau malu mengakui kesalahan yang Anda perbuat. Berani
mengakui kekuarangan dan kesalahan adalah ciri orang berjiwa besar.
3. Menampakkan penyesalan
Jika Anda mengalami ini katakan betapa Anda sangat menyesal telah
menyakiti hatinya. Namun, penyesalan yang Anda lakukan hendaknya bukan
sekedar lip service alias ucapan dibibir. Penyesalan yang mendalam dan
tulus akan terbaca dari sikap yang Anda tampilkan.
4. Mau berubah
Jiwa besar untuk mengakui dan menampakkan penyesalan wajib diikuti
perbaikan sikap dan perilaku. Jika setelah meminta maaf Anda tetap
mengerjakan pekerjaan yang merugikan atau menyakitkan hatinya, tentu
permohonan maaf Anda tak akan berarti apa-apa.
5. Menyenangkan hatinya
Usai meminta maaf, lengkapi komunikasi dengan mengerjakan hal-hal yang
dapat menyenangkan hatinya. Dan kalau perlu berikan perhatian yang lebih
dari biasanya.
6. Tidak mengulangi kesalahan yang sama
Berusahalah untuk konsekuen terhadap janji yang telah Anda ucapkan
padanya. Kesungguhan Anda untuk tidak melakukan kesalahan serupa akan
membuat Anda lebih berhati-hati dalam melangkah.
7. Siap menerima kritik
Jangan sekali-kali merasa apa yang Anda lakukan selalu benar. Berbesar
hati untuk menerima pendapat atau kritik adalah salah satu cara untuk
meminimalisir kesalahpahaman.
Deniss R. Tesdell, penulis dan seseorang pelatih pengembangan pribadi
anggota International Coach Federation, menyajikan sepuluh cara meminta
maaf. Menurut Tesdell, cara - cara ini bisa berhasil tergantng pada
jenis masalah, bagaimana cara anda melakukannya, siapa orang yang anda
tuju, serta situansinya. Bila anda ingin sungguh - sungguh meminta maaf,
tak ada salahnya menyimak teknik Tesdell berikut :
1. Dekati Lewat Telepon . Telepon sering menjadi alat utama untuk
meminta maaf yang langsung menuju sasaran. Kadang telepon menjadi
pilihan terbaik. Jika anda menyinggung perasaan seorang teman dan dia
berada di lain kota, maka permintaan maaf yang tultus melalui telepon
biasanya diterima. Pada suatu saat tertentu orang memang tidak berminat
atau tidak siap mendengar permohonan maaf. Namun, kalau ada masalah
jarak seperti itu, alasan yang anda sampaikan bisa dimengerti.
2. Surat Penjelasan . Menulis surat, baik surat cinta, surat
persahabatan, atau surat yang mengekspresikan perasaan menyesal, bisa
menjadi penyammpai pesan yang berdampak besar bagi seseorang. Surat
sangat efektif terutama jika anda terlalu nervous, kesulitan menghadapi
orang secara langsung, atau tinggal berjauhan dengan mereka. Sangat
bijaksana jika anda tulis konsepnya dulu. selesaikan konsep, diamkan
semalam, lalu baca lagi keesokan harinya. Pastikan surat itu benar -
benar mewakili maksud dan tujuan anda. segarnya pikiran dan emosi sering
membuat kita bisa menyatakan sesuatu dengan lebih baik. Ingatlah, apa
yang sekali anda tulis itu berpeluang tetap " hidup ' dalam jangka waktu
lama. Pastikan anda siap dan bisa menangani setiap konsekuensi dari isi
surat tersebut.
3. E-mail atau Voicemail . Teknologi banyak membantu dan memberi banyak
pilihan bagi aktifitas komunikasi. Jika anda sulit untuk berkomunikasi
lewat telepon atau surat, atau karena untuk beberapa alasan anda,
pilihannya bisa lewat e-mail atau voicemail. Bisa saja e-mail atau pesan
voicemail itu memukul balik anda jika orang yang anda tuju membiarkan
saja pesan tersebut. Atau bahkan membiarkan orang lain mengetahui
isinya. Tapi jika anda sugguh dan tulus, baik dalam setiap kata maupun
tekanan suara, anda tak perlu terlalu takut. Jika anda pakai voicemail,
sebaiknya anda membuat konsep pesan dulu. Waktu rekam sebaliknya 30 - 60
detik. Andapun bisa menelepon ulang untuk merampungkan pesan.
Perhatikan betul tekanan nada suara anda.
4. Kirim Kartu atau Hadiah . Kirim bunga, kartu, permen, kue, buah -
buahan, kalung dan berbagai hadiah lainnya adalah cara lama
mengungkapkan apologi. Kartu bisa jadi alat yang sangat mengesankan.
Kini banyak macam kartu dengan desain modern digunakan untuk aneka
keperluan. Bila pakai kartu, jangan lupa bubuhkan catatn tulisan tangan.
Sesuaikan dengan situasinya jika ingin menambahnya dengan hadiah. Kalau
menyangkut orang terkasih, berikan "sentuhan" lain. Berikan apa yang
benar - benar dia sukai. Beri dia sesuatu yang special. Sementara untuk
rekan bisnis atas shabat, hadiah semata hanya pilihan. Mengajak mereka
makan siang atau makan malam seperti lebih mengena.
5. Bertemu Muka Langsung . Bagi sebagian orang cara seperti bisa
dianggap"mengerikan", layaknya melihat hantu. Merka merasa sulit jika
harus melihat berbagai macam ekspresi orang yang kecewa. Namun, jangan
berhenti hanya karena ketakutan. Hadapi mereka layaknya satu
jenis"musik"yang tidak anda suka. Hilangkan ketakutan dengan bersikap
rendah hati. Kerjakan saja apa yang menurt hati dan pikiran anda perlu
dikerjakan. Orang akhirnya akan menghargai keberanian anda, bahkan diri
anda sendiri akan sangat menghargai sikap itu. Tersenyum ramah, tertawa,
menjabat tangan, memeluk, atau bermacam ekspresi keakraban dan kasih
sayang lainnya akan sangat membantu.
6. Lewat Perantara . Sebenarnya ini tidak direkomendasikan. Apalagi bila
masalahnya terlalu bersifat pribadi. Namun jika situasi tak
memungkinkan, menyatakan permintaan maaf, bisa menggunakan alternatif
ini. Apalagi bila permintaan maaf itu harus segera anda lakukan. Meski
begitu, jangan berharap terlalu banyak terhadap cara ini dibanding cara
lainnya.
7. Ganti Rugi . Katakan anda secara tidak sengaja memecahkan pot bungan
antik tetangga, lalu apa yang akan anda lakukan ? Pertama, mengakui dan
bertanggungjawab atas kerusakan. Kedua, menawarkan ganti rugi barang
atau apa saja yang nilainya sama atas kerusakan tadi. Tapi,
memperbaiki"kerusakan hati" atau mengganti"perasaan kecewa" jelas lebih
sulit. Untuk mengatasinya, anda bisa minta maaf sekaligus bertanya apa
yang bisa dilakukan untuk memperbaiki keadaanya. Kadang jika dibarengi
dengan tindakan konkrit, permintaan maaf bisa lebih diterima.
8. Maaf Terbuka. Untuk ini kita kadang butuh sarana publik untuk
menyatakannya. Disini permintaan maaf tidak semata kepada orang
bersangkutan, tapi perlu juga diketahui keluarga, para sahabat dan
kolega bisnis. Hal ini bisa dilakukan lewat surat kabar, billboard,
pidato di acara dinner gathering atau party dll. Cari ini sering
dianggap lebih dramatik, karena memberi anda pengalaman dalam hal public
exposure atau public speaking. Jadi, persiapkan diri anda sebaik
mungkin, karena ini bukan cara sederhana.
9. Tindakan Nyata . Satu teknik melakukan kebaikan secara sungguh -
sungguh bagi orang yang perlu dimintai maaf. Hubungi kolega bisnis anda
supaya mereka mengirimkan karangan bunga, souvenir, mobil baru, lukisan,
perabot antik atau apa saja yang dianggap sesuai dan berkenan. Kirimkan
barang - barang itu ke tempat kerjanya atau ke alamat rumah. Jangan
lupa, berilah alasan mengapa anda melakukannya. Supaya tidak menimbulkan
kesalahpahaman baru, tegaskan permohonan maaf anda bersamanya.
Biasanya, tidakan nyata lebih terasa hasilnya dibanding kata - kata.
10. Waktu Jeda . Kadang anda merasa sudah melakukan banya cara untuk
minta maaf, namun tetap saja terasa tidak cukup membawa hasil. Bisa saja
orang bersangkutan terlalu kecewa atau memang tak berniat lagi
menyambung relasi dengan anda. Jika ini terjadi, tinggalkan masalah itu.
Orang memang butuh waktu untuk bisa memberi maaf atau bahkan sama
sekali tidak mau memaafkan. Apapun alasanya ! Gunakan penilaian batin
terdalam anda. Tinggalkan masalah dan kembalilah ke kehidupan normal.
Katakan dalam batin, anda sudah mengambil tanggung jawab dan sudah
melakukan yang terbaik
Cara Meminta Maaf Yang Baik dan Bijak
Jumat, 04 Mei 2012
Diposting oleh
supri
di
14.55.00
Kirimkan Ini lewat Email
BlogThis!
Bagikan ke X
Berbagi ke Facebook
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Daftar Blog Saya
nama saya Supriyadi ,saya biasa di panggil teman-teman saya supri/ucup
saya sekolah di sma negeri 1 tanjung raja kelas XI-ipa1
saya sekolah di sma negeri 1 tanjung raja kelas XI-ipa1
0 komentar:
Posting Komentar