tari manasai

Rabu, 01 Agustus 2012

 
TARI MANASAI
 
Asal Daerah : Pulau Kalimantan 

Alat Bantu : (selendang), kain yang diikatkan mengelilingi kepala kemudian di sisipi Bulu Burung Tingang (Bulu Burung Engrang)


 






.Pulau Kalimantan ternyata memiliki berbagaimacam tradisi, adat-istiadat, kesenian, tari-tariandan berbagai macam ritual yang melekat danerat dengan kehidupan masyarakat sehari-harinya.Salah satu tari-tarian yang cukup dikenal adalahtari manasai. Tari ini merupakan tari yangmelambangkan kegembiraan. Tari ini biasanya juga diadakan untuk menyambut tamu-tamu pemerintahan yang ke sana. Intinya tarian³selamat datang´ untuk tamu-tamu yang berkunjung ke Kalimantan. Tari ini juga biasanyadipentaskan pada acara festival budaya Isen Mulang yaitu acara tahunan yang diselenggarakanoleh pemerintah daerah dan dibantu oleh dinas pariwisata dan dinas-dinas yang terkait, tujuannyaadalah menarik minat wisatawan untuk berkunjung serta memperkenalkan dan melestarikan budaya daerah sehingga masyarakat luar juga mengetahui budaya dari daerah lain. Hal tersebutakan memperkaya budaya nasional bangsa kita.Perlengkapan tari manasai biasanya baju adat, bahalai (selendang), kain yang diikatkanmengelilingi kepala kemudian di sisipi Bulu Burung Tingang (Bulu Burung Engrang). Kesemuaitu sebagai pelengkap dalam tari manasai. Kesemua itu memiliki arti tersendiri bagi yangmengerti terutama para tetua adat, namun saya tidak begitu mengerti akan arti-arti dari semua perlengkapan yang dikenankan walaupun saya tumbuh dan dibesarkan dalam keluarga dayak. Inikurangnya kesadaran sebagai generasi muda untuk belajar dan menggali lebih lagi tentangkebudayaannya sendiri termasuk saya orangnya. Namun walaupun begitu tidak semua pemuda dan pemudi yang tidak peduli akan hal tersebut.Buktinya masih banyak sanggar-sanggar tari bermunculan dan banyak yang hendak belajar tentang tari-tarian daerah. Ini menandakan bahwa masih ada yang peduli akan potensi-potensiyang ada di daerah dan perlu dikembangkan lagi agar tidak sampai hilang di telan arus zamanmodernisasi. Menurut saya keduanya harus berjalan beriringan. Artinya sambil menjaga warisannenek moyang dulu, kita juga tidak menutup mata akan hadirnya era teknologi dan informasiyang ada sekarang. Bahkan kita dapat memanfaatkan arus teknologi dan informasi untuk menunjang pengembangan kesenian yang ada di daerah-daerah. Jangan sampai kesenian daerahtenggelam karena modernisasi, hal tersebut yang justru terbalik dan salah. Ini kembali lagikepada generasi mudanya bagaimana kita dapat menjaga warisan nenek moyang dulu sehinggadari generasi ke generasi hal tersebut tetap ada dan dapat kita lihat sampai sekarang bahkanmasa-masa yang akan datang

0 komentar:

Daftar Blog Saya

nama saya Supriyadi ,saya biasa di panggil teman-teman saya supri/ucup
saya sekolah di sma negeri 1 tanjung raja kelas XI-ipa1

Total Tayangan Halaman


Twitter Value

Translate

Mengenai Saya

Foto saya
tanjung raja, sumatra selatan, Indonesia

Pengikut

supri's BLOG